Blog - SpringHill Yume Lagoon, Serpong | Rumah Modern 500 Jutaan

BLOG

image6 Kelebihan Rumah Minimalis Gaya Jepang

6 Kelebihan Rumah Minimalis Gaya Jepang

Springhill-yume-lagoon.id, TangerangBerbicara soal rumah gaya minimalis memang taka da hentinya. Rumah gaya minimalis merupakan gaya rumah favorit dan populer khususnya di kalangan Millennial. Tumah gaya minimalis memang menawarkan konsep kehidupan yang praktis dan dinamis. Namun, Springhill Yume Lagoon menawarkan rumah gaya minimalis yang berbeda. Mengadopsi gaya hunian populer di Jepang, Springhill Yume Lagoon memberikan sebuah gaya baru hunian bagi kaum millennial.

Rumah minimalis gaya Jepang memiliki karakteristik yang unik. Karakteristik yang ditonjolkan dari rumah minimalis gaya Jepang adalah transparansi. Penggunaan material ringan dengan warna-warna alam memberikan kesan minimalis yang transparan kepada penghuni rumah tersebut.

baca juga: Mengapa Cisauk Semakin Prospektif dalam Perkembangan Properti?

Selain itu, perpaduan tradisi lama dan modern menjadikan rumah minimalis gaya Jepang begitu unik. Seperti dikutip dari Architecture Art Design rumah minimalis gaya Jepang menekankan pada kehidupan yang bersih, rapi, dan seimbang.

Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan rumah gaya Jepang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan rumah minimalis bergaya eropa modern. Apa saja kelebihan rumah gaya Jepang lainnya? Simak selengkapnya di sini.

Minim Furnitur

Jika dilihat di negara asalnya Jepang, penggunaan furnitur pada rumah-rumah Jepang memang sangat minimalis. Apalagi dalam beberapa kasus, sebuah ruangan bisa berfungsi ganda dengan memanfaatkan furnitur portable seperti kasur lipat dan meja geser. Furnitur minimalis ini-lah yang menjadi kelebihan tersendiri bagi rumah modern yang mengusung gaya minimalis Jepang.

Konsep furnitur minimalis ini selain mampu memberikan fungsi ganda pada sebuah ruangan juga memberikan kesan luas. Selain itu, minim furniture akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan sehari-hari di ruangan rumah.

Pengunaan Material Alam yang Kentara

Kayu, bambu, batu, kertas merupakan bahan yang biasa ditemui dalam rumah-rumah tadisional di Jepang. Penggunaan material alamiah tersebut yang menjadikan rumah gaya Jepang begitu asri dan teduh. Kecendurungan ini jugalah yang diterapkan dalam penggunaan material untuk rumah modern di Jepang. Unsur-unsur alam akan sangat kentara ditemukan dalam rumah modern minimalis bergaya Jepang. Penggunaan material alami ini menjadikan rumah modern minimalis gaya Jepang lebih terkesan teduh dan menyejukan dibandikan dengan rumah modern minimalis lainnya.

Adanya Elemen Wabi Sabi

Apakah Anda pernah mendengar istilah wabi sabi? Jika belum, istilah tersebut merujuk pada filosfi hidup orang Jepang yang menekankan kesempurnaan hidup walaupun berada dalam kesederhanaan. Prinsip ini juga ternyata mempengaruhi gaya arsitektur Jepang termasuk arsitektur modernnya. Rumah gaya Jepang memiliki kesan super minimalis dan sederhana. Meskipun begitu, kesederhanaan rumah minimalis gaya Jepang terasa sempurna karena kesan yang ditimbulkan adalah kesan nyaman dan tenang.

Adanya Area Genkan

Salah satu ciri khas rumah gaya Jepang adalah keberadaan genkan. Genkan merupakan area transisi antara bagian luar dan dalam rumah. Area ini digunakan untuk menerima tamu dan tempat mengganti sepatu dengan sandal rumah yang dilepas sebelum menginjak lantai tatami. Dengan adanya genkan yang menyerupai foyer, genkan juga dilengkapi dengan rak atau kabinet yang disebut getabako untuk menyimpan sepatu dan berbagai furnitur dekoratif lainnya seperti vas bunga, foto, dan patung nekoyama.

Memiliki Pencahayaan Alami dan Ruang Terbuka

Kelebihan lain dari rumah minimalis gaya Jepang adalah adanya pencahayaan alami dan ruang terbuka. Dalam istilah arsitektur Jepang, keberadaan ruang terbuka ini disebut sebagai Engawa. Istilah ini merujuk pada ruang kosong antara area dalam ruangan (indoor) dan area luar ruangan (outdoor). Ruang terbuka dipercaya oleh masyarakat Jepang memiliki aura positif sehingga keberadaanya dalam setiap rumah modern di jepang sangat diperlukan. Ruang terbuka juga menyebabkan masuknya pencahayaan alami. Pencahayaan alami ini memberikan kesan positif bagi penghuni dan pengunjung karena rumah akan terasa lebih hidup dan ceria. Ruang terbuka juga memiliki fungsi sebagai pusat pergerakan udara di dalam rumah sehingga suhu rumah akan tetap terasa sejuk meskipun suhu di luar terasa panas.

Memiliki Atap Lebar

Konstruksi atap sangat diperhatikan dalam membuat rumah bergaya Jepang. Atap rumah modern minimalis gaya Jepang umumnya dirancang untuk mengalirkan derasnya air hujan dari atap ke tanah. Bentuk atap luas yang dilengkapi kantilever luas ini akan memaksimalkan kontak matahari dengan atap. Digabungkan dengan konsep ruang terbuka engawa yang mampu mengalirkan udara dan pencahayaan alami lebih maksimal maka akan meminimalisir terjadinya kelembapan di dalam ruangan. Hasilnya ruangan di dalam rumah minimalis gaya jepang akan terasa lebih segar dan menyenangkan.

Rumah Minamalis Gaya Jepang Springhill Yume Lagoon

Perumahan Springhill Yume Lagoon merupakan perumahan terjangkau bagi kaum millennial yang berlokasi di Tangerang. Memiliki letak yang strategis yaitu hanya 10 menit dari stasiun cisauk, hunian berkonsep Jepang ini memiliki fasilitas lengkap yang bisa dinikmati penghuninya. Fasilitas seperti club house, commercial area, sport club, dan thematic lake side green belt memberikan kenyamanan bagi penghuni di Springhill Yume Lagoon. Selain itu, rumah bergaya minimalis Jepang yang ditawarkan Springhill Yume Lagoon akan memberikan kenyamanan tambahan melalui berbagai kelebihannya. (ADR).

imgWAchatYuk wa